Senin, 25 November 2019

Airport Tax Bandara Soetta Naik Ini Rinciannya Harganya

PNPM Mandiri Jangkau 6.460 Desa di Jateng

Bibit minta beberapa fasilitator program kerja keras supaya bisa mendukung perekonomian Jawa Tengah. Pengendalian PNPM Mandiri harus juga baik sebab dapat menolong kesusahan warga dibawah. Bantaun itu bukan sekedar berbentuk pencerahan pada warga dan juga program pembangunan infrastuktur sampai pengucuran credit untuk warga.

Sekitar 1.009 orang fasilitator diikutsertakan untuk mengikuti penerapan PNPM Mandiri di Jawa Tengah tahun 2010 tingkat pedesaan. Kepala Tubuh Pemberdayaan Warga Desa Jawa Tengah Kusumardono memberikan tambahan beberapa fasilitator itu menyebar di 6.460 desa di 29 kabupaten. Tiap kecamatan di Jawa Tengah diletakkan dua fasilitator, tuturnya.

Alokasi budget PNPM Mandiri tingkat pedesaan di Jawa Tengah pada tahun 2010 ini sampai Rp 942 miliar. Dari jumlahnya itu, Rp 754 miliar salah satunya datang dari budget penghasilan serta berbelanja negara, sedang Rp 188 miliar bekasnya datang dari budget kabupaten. Sebab ada keharusan 20 % dianggarkan dari pemda, tuturnya.

Alokasi Program Nasional Pemberdayaan Warga Mandiri tingkat pedesaan tahun ini bertambah dibandingkan tahun awalnya yang cuma Rp 879 miliar untuk ke 6.145 desa.

Koordinator PNPM Mandiri Pedesaan Jawa Tengah, Karunia Puji Purnomo, mengatakan semenjak 1998 sampai 2010 pemerintah sudah menganggarkan dana sebesar Rp 2,4 triliun. Paling tidak, dana ini telah dirasa sampai 35,4 juta jiwa masyarakat di Jawa Tengah, kata Karunia. Spesial untuk dana pertolongan berguling, kata Karunia, di Jawa Tengah telah tersalurkan Rp 700 milyar tingkat credit macet seputar 4 %.

ROFIUDDIN

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar