Minggu, 24 November 2019

Bisnis Telekomunikasi Makin Seksi Makin Menjanjikan

Warga Disuruh Ganti Koin di Pusat Belanja

TEMPO Interaktif, Jakarta -Masyarakat disuruh untuk belanjakan atau mengganti uang koinnya di supermarket atau minimarket. Ini dikatakan Gubernur Bank Indonesia dipilih Darmin Nasution waktu pencanangan Pergerakan Perduli Koin Nasional bersama dengan Menteri Perdagangan Silahkan Elka Pangestu, serta Aosiasi Entrepreneur Ritel Indonesia (Aprindo) di gedung BI ini hari.

Menurut Darmin, pencanangan ini mempunyai tujuan menggerakkan tumbuhnya budaya warga dalam memaksimalkan pemakaian uang pecahan kecil atau koin dalam pekerjaan transaksi. untuk menggerakkan pedagang atau peritel memakai uang koin waktu bertransaksi.

Ada cenderung warga untuk menaruh uang logam/koin (hoarding) dengan tidak belanjakan uang logam itu, mengakibatkan terhambatnya rotasi uang logam yang menyebabkan keperluan akan uang logam terus bertambah selama tahun,” kata Darmin. Keengganan warga memakai uang koin diantaranya sebab tidak ada media atau tempat untuk mengalirkan uang logam itu.

Aprindo janji sediakan media atau tempat penukaran uang pecahan koin buat warga.

Ketua Umum Aprindo Benjamin J. Maliool menjelaskan, pemilik toko ritel memerlukan uang koin untuk transaksi kembalian sebab ketentuan instansi customer melarang membelikan kembalian tidak hanya berbentuk uang.

Pergerakan ini akan mengendalikan peredaran uang serta customer akan diuntungkan sebab mendapatkan uang semakin besar, tuturnya. Supermarket yang terhimpun dalam program ini akan sediakan outlet spesial untuk penukaran koin. Penukaran dapat juga dikerjakan langsung di kasir bila belanja di minimarket.

Sekarang memang baru beberapa outlet yang sediakan service penukaran koin sebab golongan peritel sedang mempersiapkan tenaga konsumen service untuk service ini. Tetapi ke depan semua peritel yang terhimpun dengan Aprindo akan sediakan service penukaran.

Toko yang telah siap melakukan service penukaran ialah Alfamart (1050 outlet), Indomart (1050 outlet), Hero, Giant, Guardian (200 outlet), Circle K (200 outlet), Toserba Yogya (150 outlet), Carrefour (80 outlet), Lottemart (50 outlet), Carrefour Express (20 outlet), Raja Fresh (10 outlet), Sabar Subur (10 outlet), Hypermart (70 outlet), Depo Bangunan (10 outlet), Diamond (10 outlet) serta Ranch Market (10 outlet).

Ttotal nilai uang logam yang tersebar di warga sampai Rp 3,2 triliun atau sama juga dengan 15,5 miliar keping. Keping paling banyak ialah Rp 100 sampai 6,7 miliar keping.

KARTIKA CANDRA/p> "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar