Senin, 11 November 2019

Tokobagus Ganti Nama Jual-Beli Online Semarak

Penataan Frekwensi, Kominfo: Service Operator Terusik Sepekan

, Jakarta - Kementerian Komunikasi serta Informatika (Kominfo) melakukan perubahan spektrum frekwensi atau refarming pada bandwith 2.1GHz. Karena itu, direncanakan berlangsung masalah rata untuk semua service operator sepanjang satu pekan.

Menurut Kepala Humas Kominfo, Noor Iza, dalam proses refarming itu akan ada banyak slot yang sama-sama dipertukarkan antar operator supaya semasing operator, bloknya bisa terkumpul hingga kerja lebih maksimal. Waktu transisi dari mulai rencana s/d usai, direncanakan tujuh hari. Tetapi, bisa berjalan tambah lebih singkat, kata Noor Iza waktu dihubungi Tempo pada Senin, 19 Maret 2018.

Untuk menghadapi supaya tidak ada masalah bermakna, lanjut Noor Iza, proses transisi yakni switch dari kanal satu kanal yang lain dikerjakan larut malam, waktu kegiatan warga sedang rendah. Informasi berkaitan prediksi masalah sepanjang tujuh hari itu sudah dikatakan oleh Kominfo melalui SMS Blast.

Tujuh hari yang disebut di SMS itu, sambungnya, kira-kira untuk menghadapi rundown. Yaitu pada hari pertama, persiapan network dari siang sampai malam serta jam 23.00 malam, eksekusi diawali.

Hari ke-2, saat perpindahan frekwensi (refarming), operator akan lakukan network monitoring, seperti cek up jaringan untuk pastikan supaya jaringan tidak cuma dapat operasional dan juga kembali pada level service (Quality of Service/QoS) sebelumnya, seperti sebelumnya ada perpindahan frekwensi

Hari ke-3 sampai hari ke-7, ialah cadangan waktu bila suatu hal yang tidak diharapkan berlangsung. Seperti, error pada script refarming disamping operator, putusnya jaringan fiber optic/microwave link ke sejumlah BTS, atau force majeure sebab musibah alam.

Saat proses refarming berjalan, tutur Noor Iza, diyakinkan tidak berlangsung blank spot. Tetapi, peluang akan ada penurunan kualitas service sesaat, sebab konsumen setia yang umumnya dilayani tiga jalan berlainan yaitu, pita 900 MHz, pita 1.800 MHz serta pita 2.100 MHz cuma dilayani memakai dua jalan. Untuk konsumen setia Telkomsel di sejumlah daerah masih mungkin bisa nikmati tiga jalan bila di wilayahnya telah terlayani jaringan 4G dari pita 2.3 GHz, katanya.

Paling akhir, Kominfo memperingatkan bila refarming ini sifatnya gradual serta berjadwal. Contohnya, SMS yang diterima konsumen setia Telkomsel di Jakarta belum diterima konsumen setia Telkomsel di Surabaya sebab agenda Jakarta lebih dulu dari Surabaya, katanya.

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar