Selasa, 26 November 2019

Dapat Ranking 1 Susi Pudjiastuti Terima Ijazah Lulus SMA

Video Viral Penemuan Cacing di Sarden Kalengan, Ini Tanggapan Netizen

, Jakarta - Warga kembali digemparkan dengan tersebarnya video di beberapa sosial media. Kesempatan ini video viral masalah penemuan cacing di produk ikan sarden kalengan dengan brand Farmer Jack Mackerel pada Jumat minggu kemarin.

Video yang menyebar luas mulai tanggal 16 Maret 2018 lalu di Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau, selanjutnya direspons oleh Balai Besar Pengawas Obat serta Makanan Kota Pekanbaru dengan lakukan peninjauan tiba-tiba serta uji laboratorium. Hasilnya, minimal ada tiga brand ikan sarden kalengan yang positif memiliki kandungan cacing.

Sebelum hasil uji BPOM itu dikeluarkan, sempat viral di sosial media Facebook satu status yang diupload oleh account yang bernama Lillian Luis. Dalam statusnya, dia bercerita akan memasak sarden, tetapi justru temukan cacing waktu sarden itu dituang ke piring.

Ini hari gagasan nya ingin masak sarden sebab masih ada stock di dalam rumah. Sebab ingin tahu dengan rumor ada cacing pita. Kita membuka sarden lalu di tumpahin di piring eh yang muncul pada cacing nya di atas semua, catat Lillian dalam statusnya yang diupload pada Kamis, 15 Maret 2018 jam 10:51 WIB.

Dalam status itu Lillian mengupload photo sarden itu. Dari sana kelihatan beberapa buah objek kecil serta panjang yang disangka cacing pita. Status upload Lillian juga sudah diberikan sekitar seputar 71 ribu kali. Komentar warganet juga bermacam, dari mulai setuju sampai menanyakan serta berspekulasi lain masalah sangkaan cacing itu.

Gw sempat juga mbak. Tidak mati , tetapi bukan cacing, seperti belatung, kecil-kecil, bergerombol di dagingnya, catat pemilik account bernama Dian Narita Rin.

Diluar itu ada Marsya yang menyangkan jika photo yang diupload ialah cacing. Bukan cacing Itu mbak. Lihat baik-baik. Saya ini paling cermat jika masak. Serta itu bukan cacing, lebih seperti seperti serat. Urat-urat kecil. Lihat deh, catat Marsya.

Dalam masalah penemuan cacing di Pekanbaru, Riau, Seksi Kontrol BBPOM Pekanbaru Rita Ariestya menjelaskan cacing yang diketemukan ialah type gilig. Gilig terhitung cacing parasit yang dapat berkembang biak di badan manusia. Lebih jauh, Rita mengatakan ada beberapa sampel yang sudah dikirim ke Jakarta untuk dilakukan tindakan oleh BPOM.

Petugas BBPOM Pekanbaru itu juga mengecek langsung ke gudang distributor serta beberapa swalayan di Kota Selatpanjang. Dibarengi pegawai Dinas Perdagangan serta Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, tiap sarden brand Farmer Jack yang diketemukan diambil langsung. Intinya selekasnya ditarik dari pasar semua, kata Rita.

ANTARA

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar